Pengertian server dan layanan server

12 Februari
source: www.hostbey.com

I. Pengertian Server

Server adalah suatu sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu untuk client dalam suatu jaringan komputer. Server dilengkapi dengan sistem operasi khusus untuk mengontrol akses dan sumber daya yang ada di dalamnya biasanya sistem operasi khusus tersebut disebut sistem operasi jaringan atau network operating system. Selain itu Server didukung dengan dan RAM yang besar dan prosesor yang bersifat scalable.
Server didukung dengan prosesor yang bersifat scalable dan RAM yang besar, juga dilengkapi dengan sistem operasi khusus, yang disebut sebagai sistem operasi jaringan. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.

II. Pengertian Layanan Server

Layanan server, dalam Windows (sering juga disebut sebagai LanmanServer), adalah sebuah komponen di dalam sistem operasi Microsoft Windows NT, Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, dan Windows Server 2008 yang mengizinkan sebuah komputer untuk menyediakan layanan berbagi berkas (file sharing) dan alat pencetak (print service) melalui sebuah jaringan. Ketika
komponen klien (disebut sebagai Redirector) membuat sebuah permintaan terhadap sebuah sumber daya yang diizinkan untuk diakses di dalam sebuah komputer, maka layanan ini akan merespons dan meneruskan sumber daya tersebut kepada klien.
Atau secara bahasa saya sendiri adalah sebuah aplikasi yang secara khusus dibuat untuk membantu melayani client dalam tugasnya masing-masing

III. Jenis layanan-layanan server

1. DNS (Domain Name System)

DNS Server adalah Domain name system atau yang biasa disingkat dengan DNS merupakan sebuah sistem yang berfungsi menterjemahkan alamat IP ke nama domain atau sebaliknya, dari nama domain ke alamat IP.
DNS Server digunakan untuk mempermudah client dalam mengakses website, karena client tidak perlu menghafal ip dari website tersebut, hanya perlu mengigat nama website nya saja.

Port yang digunakan oleh DNS Server adalah port 53 dan menggunakan protocol UDP. Dalam DNS dikenal dengan Cache Only fungsinya melayani permintaan sedangkan Forwarder sama seperti cache only tetapi akan diteruskan ke orang lain/mengalihkan.

Cara kerja DNS:
A. Saat client mengakses google.com di browser, dns server akan mencari ip dari google.com, jika di cache lokal ditemukan ip dari google.com maka, dns server akan memberi tau ip dari google kepada client dan halaman web akan di tampilkan.

B. Jika ip tidak ditemukan di cache lokal, maka dns server akan menghubungi server diatasnya(root) server, di root server dns akan menanyakan nama server .com tersebut, lalu root memberikan ip nama server .com tersebut, lalu dns akan mengubungi yang mengelola doamin .com tersebut, setelah dihubungi, dns meminta ip dari google.com, dan pengelola memberikan ip dari google.com, setelah diberikan ip nya, dns menyimpan ip tersebut ke server lokal agar jika ada yang meminta lagi dns server sudah mempunyai ip nya jadi tidak perlu meminta ke root lagi, lalu dns server memberikan kepada client dan halaman web google ditampilkan.

Untuk lebih jelasnya lagi anda bisa melihat video ilustrasi cara kerja DNS Server di link berikut: https://youtu.be/2ZUxoi7YNgs

Aplikasi DNS Server:
- BIND
- MS DNS
- DNS MASQ
- DNS CHANGER
- DNS JUMPER

2. DHCP (Dinamic Host Configuration Protocol)

DHCP adalah protokol yang berbasis arsitektur client/server yang dipakai untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Sebuah jaringan lokal yang tidak menggunakan DHCP harus
memberikan alamat IP kepada semua komputer secara manual. Port yang digunakan oleh DHCP adalah port 67 dan 68, port 67 untuk client dan port 68 untuk server.

Cara Kerja DHCP Server
DHCP menggunakan 5 tahapan proses untuk memberikan konfigurasi nomor IP, antara lain :
a. IP Least Request
Merupakan proses saat client meminta nomor IP ke server (broadcast mencari DHCP server). Pada saat DHCP client dihidupkan, maka komputer tersebut melakukan request ke DHCP server untuk mendapatkan nomor IP.

b. IP Least Offer
DHCP menjawab dengan memberikan nomor IP yang ada di database DHCP. DHCP server (bisa satu atau lebih server jika memang ada) yang mempunyai no IP memberikan penawaran ke client tersebut.

c. IP Lease Selection
Client memilih penawaran DHCP server yang pertama diterima dan kembali melakukan broadcast dengan message menyetujui peminjaman tersebut kepada DHCP Server.

d. IP Lease Acknowledge
DHCP server memberikan jawaban atas pesan tersebut berupa konfirmasi no IP dan informasi lain kepada client dengan sebuah ACKnowledgment. Kemudian client melakukan inisialisasi dengan mengikat (binding) nomor IP tersebut dan client dapat bekerja pada jaringan tersebut. Nomor IP diberikan bersama dengan subnet mask dan default gateway. Setelah server memberikan nomor IP, maka server meminjamkan (lease) nomor IP yang ada ke DHCP client dan mencoret nomor IP tersebut dari daftar pool. Jika tidak ada lagi nomor IP yang dapat diberikan, maka client tidak dapat menginisialisasi TCP/IP, dengan sendirinya tidak dapat tersambung pada jaringan tersebut.s e.

e. Lease Period
Setelah periode waktu tertentu, maka pemakaian DHCP client tersebut dinyatakan selesai dan client tidak memperbaharui permintaan kembali, maka nomor IP tersebut dikembalikan kepada DHCP server, dan server dapat memberikan nomor IP tersebut kepada client yang membutuhkan. Lama periode ini dapat ditentukan dalam menit, jam, bulan atau selamanya.

Aplikasi DHCP Server:
- DHCP Server
- Open dhcp server

3. WEB Server

Web server adalah sebuah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang dikenal dan biasanya kita kenal dengan nama web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome) dan untuk mengirimkan kembali
yang hasilnya dalam bentuk beberapa halaman web dan pada umumnya akan berbentuk dokumen HTML.
Protocol yang digunakan adalah HTTP dan HTTPS, Port yang digunakan adalah port 80

Cara Kerja Web Server
Pada saat client (browser) meminta data web page kepada server, maka instruksi permintaan data oleh browser tersebut akan dikemas di dalam TCP yang merupakan protokoltransport dan dikirim ke alamat yang dalam hal ini merupakan protokol berikutnya yaitu Hyper Text Transfer Protocol (HTTP) dan atau Hyper Text Transfer Protocol Secure(HTTPS).

Data yang diminta dari browser ke web server disebut dengan HTTP request yang kemudian akan dicarikan oleh web server di dalam komputer server.Jika ditemukan, data tersebut akan dikemas oleh web server dalam TCP dan dikirim kembali ke browser untuk ditampilkan. Data yang dikirim dari server ke browser dikenal dengan HTTP response.

Jika data yang diminta oleh browser tersebut ternyata tidak ditemukan oleh web server, maka web server akan menolak permintaan tersebutdan browser akan menampilkan notifikasi error 404 atau Page Not Found.

Aplikasi Web Server:
-Apache
-XAMP
-Microsoft Internet Information Services (IIS)
-Zeus Web Server
-Nginx

4. FTP Server

File Transfer Protocol (FTP) adalah suatu protokol yang berfungsi untuk tukar-menukar file dalam suatu network yang menggunakan protokol TCP bukan UDP. Dua hal yang penting dalam FTP adalah FTP Server dan FTP Client. Port yang digunakan adalah 21-20 dan protokol TCP.

Cara Kerja FTP Server
1. Untuk dapat mengakses data di ftp server diperlukan username dan password
2. Client harus memasukan username dan password untuk dapat masuk dan terhubung ke FTP Server, setelah terhubung ke ftp server client  bisa mengakses file file yang ada di ftp server, baik itu upload maupun download.

 Aplikasi FTP Server:
- File zila
- Cyber duck
- Fire FTP
- Clasic ftp
- Win SCP
- Free ft

5. Mail Server

Mail server adalah server yang memungkinkan pengguna (user) untuk dapat mengirim dan menerima surat elektronik atau e-mail satu
sama lain dalam stu jaringan atau dengan internet. layanan ini menggunakan arsitektur client-server, Artinya ada aplikasi client mengakses server email.
Port dan protocol yang digunakan oleh mail server adalah:
- POP3 110
- IMAP 143
- SMTP 25

Cara Kerja Mail Server:
Proses pengiriman e-mail malalui tahapan yang sedikit panjang. Saat e-mail di kirim, maka e-mail tersebut disimpan pada mail server menjadi satu file berdasarkan tujuan e-mail. File ini berisi informasi sumber dan tujuan, serta dilengkapi tanggal dan waktu pengiriman. Pada saat user membaca e-mail berarti user telah mengakses server e-mail dan membaca file yang tersimpan dalam server yang di tampilkan melalui browser user.

Aplikasi Mail Server:
- Mail server Zimbra
- mail
- gmail
- yahoo
- cmail server

6. Proxy Server

Proxy server (peladen proxy) adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet. Proxy Server bertindak sebagai gateway terhadap dunia ini Internet untuk setiap komputer klien.
Protocol yang digunakan adalah protocol TCP port nya adalah port 3128 dan port 8080

Cara Kerja Proxy Server
Cara kerja proxy server adalah client yang tersambung dengan proxy server dan meminta layanan tertentu seperti file, koneksi, akses web page, ataupun lainnya. Proxy server yang digunakan akan mengevaluasi permintaan layanan tersebut sesuai dengan aturan filternya. Sebagai contoh, proxy server dapat menyaring traffic berdasarkan IP (Internet Protocol) address. Jika permintaan itu divalidasi oleh fiternya, maka proxy akan menyediakan apa yang diminta dengan menyambung ke server yang diminta dan meminta layanan dari server tersebut untuk clientnya.

Aplikasi Proxy Server:
- Squirt


Kesimpulan

Kesimpulan dari materi diatas tentang berbagai macam layanan server adalah dengan kita mempelajarinya kita bisa tahu bagaimana proses dan kerja dari masing-masing layanan tersebut, karena jika kita ingin menjadi seorang admin server, kita harus paham betul keseluruhan yang menyangkut kepada masalah server, layanan-layanan tersebut dibuat agar kerja dari server bisa optimal dan memudahkan admin server.

Artikel Terkait

First

1 komentar:

Write komentar
Anonim
AUTHOR
29 Januari 2022 pukul 06.23 delete

sands casino | Situs Judi Online Casino Resmi Aman Dan
Slot online terpercaya septcasino Indonesia — Slot online terpercaya Indonesia - Slot 메리트 카지노 online terpercaya - 인카지노 Situs Judi Online Casino Resmi Aman Dan Slot terbaik yang dimainkan dengan dalam

Reply
avatar